Pengertian Polarisasi - Teknologi dan Sains Masa Kini | Teknosains.id

Pengertian Polarisasi

Jenis tertentu gelombang transversal, sebagian besar berupa cahaya yang bisa dilihat dan bentuk-bentuk lain elektromagnetisme, dapat meng-isolasi di berbagai orientasi berbeda. Dengan kata lain, dua gelombang yang berasal dari sumber yang sama tidak akan meng-isolasi tempat yang sama. Polarisasi gelombang adalah ukuran sudut isolasi gelombang.

Namun demikian, fenomenanya sangat kompleks. Polarisasi gelombang dapat diubah dalam bidang elektromagnetik, atau bahkan berotasi saat merambat melalui ruang angkasa. Lebih lanjut, Polarisasi cahaya adalah salah satu sifat cahaya yang bergerak secara osilasi dan menuju arah tertentu. 

Karena cahaya termasuk gelombang elektromagnetik, maka cahaya ini mempunyai medan listrik, dan juga medan magnet, yang keduanya saling berisolasi dan saling tegak lurus satu sama lain, serta tegak lurus terhadap arah rambatan.

Suatu cahaya dikatakan terpolarisasi apabila cahaya bergerak merambat ke arah tertentu. Arah polarisasi gelombang ini dicirikan oleh arah vektor bidang medan listrik gelombang tersebut serta arah bidang medan magnetnya.

Polarisasi adalah properti yang sangat berguna karena polarisasi bisa mengungkap informasi tentang sumber awal cahaya, atau struktur materi darinya cahaya direfleksikan atau cahaya dilewati. Filter polaroid (di dalamnya kristal-kristal paralel membentuk sebuah grille yang memungkinkan komponen cahaya terorientasi di satu arah) membuat cahaya dengan polarisasi berbeda diseleksi dan dipelajari.
Pengertian Polarisasi Pengertian Polarisasi Reviewed by ryann mp on July 12, 2017 Rating: 5

No comments