Pengertian Mikroskop - Teknologi dan Sains Masa Kini | Teknosains.id

Pengertian Mikroskop

Mikroskop merupakan kata yang berasal dari Yunani  yaitu micros yang berarti kecil dan scopein yang berarti melihat. Mikroskop adalah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat secara kasat mata. Mikroskop merupakan alat bantu yang dapat ditemui hampir di seluruh laboratorium untuk dapat mengamati organisme berukuran kecil (mikroskopis). 

Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi, dan kata mikroskopik berarti sangat kecil atau tidak mudah terlihat oleh mata. Berlawanan dengan teleskop, mikroskop adalah alat untuk memproduksi bayangan obyek-obyek yang diperbesar. 

Bentuk mikroskop sederhana hanya terdiri dari lensa cembung tunggal (kaca pembesar), yang membelokkan cahaya yang diverging dari subyek di bawah pengamatan pada sudut-sudut yang lebih dekat ke paralel. Sehingga cahaya nampal diverge dari 'bayangan virtual' dengan diameter sudut dan ukuran lebih besar daripada subyek aslinya.

Jenis paling umum dari mikroskop, dan yang pertama diciptakan adalah mikroskop optis. Mikroskop ini merupakan alat optik yang terdiri dari satu atau lebih lensa yang memproduksi gambar yang diperbesar dari sebuah benda yang ditaruh di bidang fokal dari lensa tersebut.
9dir.com »  Free Directory List
Pengertian Mikroskop Pengertian Mikroskop Reviewed by ryann mp on July 12, 2017 Rating: 5

1 comment