Jul 12, 2017

Pengertian Hamburan dan Absorpsi

Ketika gelombang -gelombang berinteraksi dengan partikel-partikel yang bergerak, gelombang dipengaruhi oleh berbagai proses, yang secara kolektif dikenal sebagai hamburan yang cenderung menyebar gelombang. Sementara itu, proses-proses absorsi yang terkait mengurangi energi gelombang.

Hamburan cahaya bisa besifat elastis atau inelastis, bergantung apakah foton-foton individual mempertahankan atau mengubah energi mereka. Bentuk hamburan elastis yang paling familiar adalah hamburan Rayleigh. Hamburan ini terjadi ketika cahaya berinteraksi dengan partikel-partikel yang lebih kecil daripada gelombangnya sendiri: semakin pendek panjang gelombang, maka semakin kuat efeknya. 

Hamburan Rayleigh bertanggung jawab atas warna biru langit di siang hari dan penampakan kuning matahari. Bentuk umum hamburan inelastis, dikenal sebagai hamburan Compton, meliputi perpindahan energi dari sebuah foton ke partikel-partikel seperti elektron.

Lebih lanjut, hamburan Rayleigh adalah hamburan elastis dari cahaya atau radiasi elektromagnetik lain oleh partikel lain yang jauh lebih kecil daripada panjang gelombang cahaya, yang bisa berupa atom atau molekul. Hal ini dapat terjadi ketika cahaya dapat melewati benda padat yang transparan dan cairan, tetapi yang paling menonjol terlihat pada gas.

Hamburan Rayleigh dari sinar matahari pada atmosfer yang bersih adalah alasan utama mengapa langit berwarna biru. Sementara itu, Absorpsi adalah proses pemisahan bahan dari suatu campuran gas dengan cara pengikatan bahan tersebut pada permukaan zat cair yang diikuti dengan larutan. Bahan penyerapnya berupa zat padat sedangkan penyerapan sampai ke seluruh bagian zat penyerap.

Artikel Terkait

ryann mp

Seorang mahasiswa tahun ketiga yang ingin membagi ilmunya kepada banyak pembaca


EmoticonEmoticon