13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google - Teknologi dan Sains Masa Kini | Teknosains.id

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus mahasiswa pH.D. di Universitas Stanford. Tidak bisa dipungkiri bahwa tanpa situs tersebut, tentunya akan sangat sulit bagi kita untuk mencari sesuatu yang diinginkan di internet.

Mungkin jika anda dapat menemukan seluruh topik pada satu website yang dapat menyelesaikan seluruh permasalahan anda, tentu kita tidak butuh Google Search tersebut. Namun, sampai sekarang jelas belum ada situs yang mampu menampung seluruh pertanyaan tersebut. Maka dari itulah, Google membuat mesin pencari yang mampu mengarahkan anda pada seluruh situs web untuk mencari semua hal.

Namun tahukah Anda bagaimana memanfaatkan Google Search secara maksimal? Sampai Anda membaca artikel ini, tebakan kami adalah "tidak", jadi lihatlah kiat Google Search untuk mempermudah kehidupan digital Anda berikut ini.

1. Cari Frase Tepat
Jika Anda mencari frase yang tepat, gunakan tanda kutip pada kata kunci untuk melihat hasil yang mengandung frasa yang tepat. Misalnya, "Tips memilih Joystick atau Gamepad terbaik untuk PC".

2. Kecualikan sebuah kata
Jika kata kunci Anda mengandung kata kunci dengan beberapa arti, Anda dapat mengecualikan salah satu maknanya dengan menambahkan tanda hubung (-) sebelum kata kunci. Misalnya anda mencari film the martian, karena martian juga memiliki versi bukunya maka kecualikan kata buku tersebut dengan tanda hubung (-).

3. Cari domain tertentu
Anda dapat mencari di dalam URL tertentu dengan memasukkan kata kunci site: example.com sebelum atau sesudah kata kunci Anda. Misalnya anda sedang mencari pengertian parallel universe pada situs teknosains.id maka buat kata kunci site:teknosains.id parallel universe.

4. Cari kata dalam badan halaman
Untuk mencari halaman yang mempunyai kata kunci di badan halaman, ketik allintext: sebelum istilah pencarian. Contoh, anda mencari kata kunci kamera smartphone telah merevolusi, maka anda harus mengetikkan allintext: Kamera smartphone telah merevolusi.

5. Temukan halaman yang memiliki link ke URL tertentu
Ketik link: sebelum nama URL, dan Anda akan ditampilkan semua halaman di Google yang tertaut ke sana. Ini sangat berguna bagi SEO yang mencari backlink ke halaman tertentu.

6. Lakukan perhitungan di Google Search
Anda cukup mengetikkan persamaan dan mendapatkan hasilnya secara instan. Anda bisa menggunakan huruf "x" atau "*" sebagai simbol multiply pada PC Anda, sedangkan "/" adalah simbol divisi. Contoh, anda ingin mencari hasil dari 5000 X 12, maka anda bisa langsung mengetik 5000*12 di Google Search.

7. Konversikan antar unit
Entah itu meter sampai sentimeter,atau kilometer sampai meter, anda bisa meminta Google untuk mengkonversikannya. Cukup ketik convert diikuti dengan nomor dan unit yang ingin anda gunakan, dan tekan Enter.

8. Cari menurut jenis file
Jika Anda mencari file tertentu di Web, Anda dapat menggunakan kata filetype: untuk menentukan jenis dokumen yang Anda cari, dan Google akan membatasi hasil ke halaman yang berisi jenis dokumen tersebut.

9. Temukan alamat IP Anda
Butuh alamat IP anda? Ketik ip address langsung di Google untuk dapat mengetahuinya dengan mudah.

10. Anda tidak memerlukan kamus; Tanyakan saja kepada Google
Ketik define diikuti dengan kata yang ingin anda ketahui artinya.

11. Anda bisa melihat jadwal penerbangan di Google.
Untuk mengetahui jadwal penerbangan, cukup gunakan kata kunci asal penerbangan ke tujuan. Misalnya, penerbangan jakarta ke bali.

12.  Terjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya.
Anda bisa mengunjungi Google Translate untuk  menterjemahkan beberapa bahasa atau hanya menggunakan kata kunci Translate langsung di Google untuk menerjemahkan teks ke bahasa lain.

13. Gunakan Google sebagai penghitung waktu mundur atau stopwatch.
Ini sangat berguna. Cukup ketik set timer for x minutes dan Google akan secara otomatis memulai penghitungan mundur untuk Anda.

Akhir Cerita
Sekarang Anda harus merasa seperti Google Pro. Ada lebih banyak trik seperti itu yang dapat Anda gunakan pada Google. Apakah Anda memiliki tip pencarian Google yang telah kami lewatkan? Beri tahu kami pada kolom komentar di bawah ini!
13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google 13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google Reviewed by ryann mp on July 14, 2017 Rating: 5

21 comments

  1. Replies
    1. trima kasih, silahkan kalo mau dijadiin referensi hehe

      Delete
  2. artikel bagus, baru tau kalau nyari yang kecuali pake tanda -

    ReplyDelete
  3. Sekarang google memang sudah bisa menhandel hal hal penting kita.. sudah gk perlu kalkulator. Majalah dll. Just search in google u will find it

    ReplyDelete
  4. Pencarian dengan dengan terkecualikan neh sangat membantu dengan memilah kw yang ingin dituju jadi fokus ke kemakna kw. Makasih tipsnya admin.

    ReplyDelete
  5. maaf gan no.9 ngga work yang muncul malah wikipedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami telah membuat artikel trsebut dari beberapa sumber terpercaya dan sudah dicoba sendiri kebenarannya. Silahkan dicoba lagi dengan keyword yg telah kami berikan dalam artikel, karena mungkin ada kesalahan saat anda mengetiknya. Terima kasih

      Delete
  6. Keren google, smpe bisa timer gitu. Nice infonya

    ReplyDelete
  7. Baru tau ane gan.
    Dapet drimana tuh infonya?
    Thanks ya gan infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Informasi yg kami berikan selalu dikutip dari beberapa sumber (tidak hanya satu) dan sudah kami uji coba sndiri serta telah terbukti kebenarannya. Trima kasih

      Delete
  8. Baru tau ane gan.
    Dapet drimana tuh infonya?
    Thanks ya gan infonya..

    ReplyDelete
  9. Baru tau ane gan.
    Dapet drimana tuh infonya?
    Thanks ya gan infonya..

    ReplyDelete
  10. wah lengkap banget broh,,, sangat bermanfaat,,di tunggu kunbalnya www.teknodiary.com :)

    ReplyDelete
  11. Keren gan baru tau saya ternyata google search engine punya fitur rahasia

    ReplyDelete
  12. we ternyata banyak juga fiturnya..nice info gan..

    ReplyDelete
  13. Baruu tauu nih kalo google banyak fitur nya, btw keren gan artikelnya ijin bookmarkyaa

    ReplyDelete
  14. Wah sumpah beneran gak tau fitur google diatas semua,malah baru tau sekarang gan :"

    ReplyDelete