Apr 30, 2017

Tips memilih Joystick atau Gamepad terbaik untuk PC

Banyak gamer PC, termasuk saya sendiri, lebih memilih mouse dan keyboard untuk bermain game. Ini karena presisi tinggi yang ditawarkan mouse, dan banyaknya fungsi dan macro yang ditawarkan oleh keyboard. Namun, mouse dan keyboard biasanya tidak bekerja dengan baik untuk game tertentu, semisal game PES 2017 dan sejenisnya pasti sangat sulit untuk bermain hanya dengan keyboard dan mouse saja, tentunya kita membutuhkan Gamepad.

Dengan pemikiran tersebut, pastinya kita ingin menemukan gamepad terbaik untuk game PC yang sesuai dengan kebutuhan. Mari kita simak beberapa ulasan gamepad terbaik berikut ini :

Xbox 360 Controller
Kontroler Xbox 360 merupakan stik klasik yang dihormati di mata para gamer. Dipuji sebagai salah satu kontroler paling populer di generasi ketujuh konsol. Terlepas dari banyaknya kontroler game terbaik, ia tetap menjadi salah satu kontroler paling berpengaruh sepanjang masa. Dan berkat XInput, menjadikan ia salah satu gamepad paling berpengaruh untuk game PC juga.

Keunggulan
  • Ubiquity. Dengan diluncurkannya Xbox 360, Microsoft membawa "XInput" ke Windows. XInput menawarkan dukungan penuh sebagai kontroler 360 dan menjadikan gamepadnya paling didukung di banyak game saat ini.
  • Tata letak tombol yang familiar, dan pegangan yang nyaman.
Kelemahan
  • D-pad yang licin.
  • Bilangan mematikan pada batang analog menghasilkan masalah dengan "hanyut" pada aplikasi tertentu seperti emulator.

Playstation 3 Controller
Kontroler PlayStation 3, atau DualShock 3, adalah pengendali nirkabel utama pertama Sony untuk konsol mereka. PS3 mengikuti PS2, salah satu konsol paling sukses sepanjang masa. Lalu PS3 membuat sedikit perubahan pada kontrolernya, simak keunggulan dan kekurangan kontroler PS3 untuk PC berikut


Keunggulan
  • Tata letak yang familiar dan grip yang nyaman.
  • D-Pad dan analog stick yang sangat baik.
Kelemahan
  • Tidak ada dukungan resmi: Anda harus menginstal sesuatu seperti XInput Wrapper agar bisa berfungsi dengan baik.

Steam Controller
Merupakan bagian dari Steam Machine dan Big Picture movement. Bagi kebanyakan konsumen, Steam Controller tetap menjadi gamepad terbaik untuk berbagai gameplay PC. Mari kita lihat bagaimana keunggulan dan kelemahan nya.

Keunggulan
  • Ubiquity. Kompatibel dengan setiap permainan di Steam Library, termasuk yang dibuat terutama untuk mouse / keyboard.
  • Ekstensif dalam perangkat lunak customizability memungkinkan Anda untuk menyesuaikan game apapun agar tepat dengan preferensi Anda.
  • Touchpads menawarkan solusi yang jauh lebih unggul dari stick analog yang ditujukan untuk kecepatan dan presisi pada game FPS.
Kelemahan
  • Tata letak dan pegangan yang tidak biasa: nyaman, tapi cukup asing dibanding gamepad lain.
  • Touchpad memiliki kurva belajar yang signifikan, dan untuk game terbaik yang dimainkan dengan D-pad, seperti game fighting 2D atau platformer 2D, pengendali ini jauh dari ideal.

Playstation 4 Controller
Merasa tersanjung oleh kesuksesan awal PS3, Sony melihat hal-hal hebat dengan PS4, termasuk mengubahnya menjadi arsitektur x86 yang ramah pengembang. Memahami kebutuhan akan perubahan, kontroler Playstation 4 menyesuaikan desain PS untuk kenyamanan dan kegunaan superior. Touchpad adalah pilihan aneh untuk kontroler konsol namun cukup baik pada PC.

Keunggulan
  • Pengontrol all-around yang hebat. Touchpad bisa digunakan sebagai touchpad PC dengan software yang tepat juga.
  • D-pad, analog, dll memberikan kenyamanan yang luar biasa
Kelemahan
  • Dukungan resmi terbatas - dengan DS4 Wireless Dongle yang ditawarkan oleh Sony, pengendali ini hanya dapat digunakan dengan Remote Play on PC dan beberapa judul yang didukung pada steam
  • Untuk memanfaatkan utilisasi pengendali ini dengan lebih baik sebagai gamepad untuk PC, Anda harus menginstal sesuatu seperti DS4 Windows.

Xbox One Controller
Kontroler Xbox One hadir jauh setelah era Xbox 360 dengan kontrol kualitas yang buruk (dengan kegagalan Red Ring of Death) dan pengendalinya. Microsoft membuat pengendali ini setelah mempelajari kesalahan masa lalunya, dan sebagai penerus kontroler 360, kontroler Xbox One lebih baik untuk dipasang di komputer.

Keunggulan
  • Ubiquity. Seperti pengontrol 360, Xbox One Controller kompatibel dengan semua game XInput di luar kotak. Meskipun fitur kontrolnya kurang, namun kontroler ini tetap kompatibel dengan berbagai game.
  • Cengkeraman yang nyaman dan tata letak yang familiar.
  • D-pad dan analog keduanya telah melalui peningkatan yang besar dari pengontrol 360.
Kekurangan
  • Kontroler masih rentan terhadap drift sesekali, tapi ini jauh lebih jarang terjadi pada model ini daripada pengontrol 360.

Wii U Pro Controller
Kontroler Wii U Pro merupakan kontroler yang unik dari bunch. Sementara sebagai pengendali yang hebat, sebenarnya bukan merupakan pad utama untuk masing-masing konsol. Melainkan alternatif kecil dari Gamepad Wii U yang baik.

Kontroler Wii U Pro Controller dirancang untuk mendukung kegunaan dan kualitas konstruksi

Keunggulan
  • D-pad dan analog kelas atas.
  • Genggaman dan tata letak yang nyaman.
Kelemahan
  • Posisi analog terbalik dan tombol yang dapat membingungkan pada awal pemakaian.
  • Instalasi yang sangat kompleks di PC, hanya dipermudah dengan membeli perangkat eksternal.

Mana yang Tepat untuk Anda?
Untuk pengalaman pick-up-and-play tercepat, pilihlah kontroler Xbox One, karena kompatibel dengan semua game di PC. Sementara itu, Kontroler 360 lebih murah dalam beberapa kasus, namun tidak direkomendasikan karena kualitas buildnya yang rendah.

Kontroler Steam memiliki rangkaian kompatibilitas terbaik, dengan gamepad dan game non gamepad, namun memiliki kurva belajar. Ini berarti yang terbaik bagi orang yang ingin bisa memainkan semua game di perpustakaan mereka, dengan controller mereka, di sofa mereka.

Pengontrol lain dalam daftar ini sepenuhnya tergantung pada preferensi pribadi namun memerlukan konfigurasi tambahan untuk bekerja dengan benar pada PC Anda.

Artikel Terkait

ryann mp

Seorang mahasiswa tahun ketiga yang ingin membagi ilmunya kepada banyak pembaca

1 komentar so far

Lebih suka kontroler ps3


EmoticonEmoticon