Gravitasi Newton - Teknologi dan Sains Masa Kini | Teknosains.id

Gravitasi Newton

              Gravitasi adalah gaya tarik benda-benda dengan massa sehingga benda-benda tersebut mendekat satu sama lainnya. Gravitasi adalah konsep sentral untuk semua ilmu fisika , dan sangat penting untuk ilmu mekanika. 


      Di tahun 1589, ilmuwan italia Galileo Galilei 
Galileo Galilei

menunjukkan bahwa gravitasi bumi memengaruhi obyek-obyek dengan cara yang sama terlepas dari massa obyek tersebut. Jika faktor-faktor seperti resistensi udara bisa disingkirkan, semua obyek mengalami gaya sama yang menarik obyek-obyek itu menuju ke bumi.

         Seabad kemudian, pemandangan jatuhnya apel diyakini menginspirasi Isaac Newton membuat lompatan konseptual besar, bagaimana jika gaya yang menarik apel ke tanah bersifat universal, dan gaya yang sama membuat bulan tetap di orbitnya mengelilingi bumi? 

          Berdasarkan pada hukum gerak planet Kepler, Newton dapat mengembangkan hukum geraknya sendiri dan kemudian hukum gravitasi ini menyatakan bahwa gaya tarik antara dua obyek sebanding dengan produk massa obyek dikalikan bersama, dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara obyek-obyek.

          Hukum tarik-menarik gravitasi Newton menjelaskan fenomena gaya tarik-menarik antara benda-benda untuk saling mendekat satu sama lain. Dalam bidang fisika tiap benda dengan massa m1 selalu mempunyai gaya tarik dengan benda lain dengan massa m2. 

        Misalnya partikel satu dengan partikel lain selalu akan saling tarik-menarik. Contoh yang dikemukakan Sir Isaac Newton dalam bidang mekanika klasika bahwa benda apapun di atas atmosfer akan ditarik oleh bumi, yang kemudian banyak dikenal sebagai fenomena benda jatuh.

         Teori ini kemudian dikembangkan lebih jauh lagi bahwa setiap benda angkasa saling tarik-menarik, dan ini bisa dijelaskan mengapa bumi harus berputar mengelilingi matahari untuk mengimbangi gaya tarik-menarik gravitasi bumi-matahari. Dengan menggunakan fenomena tarik-menarik gravitasi ini juga, meteor yang mendekat ke bumi dalam perjalanannya di ruang angkasa akan tertarik jatuh ke bumi.
Gravitasi Newton Gravitasi Newton Reviewed by ryann mp on February 11, 2017 Rating: 5

No comments