Gaya Sentripetal dan Sentrifugal - Teknologi dan Sains Masa Kini | Teknosains.id

Gaya Sentripetal dan Sentrifugal

Pengertian Gaya Sentripetal
Gaya Sentripetal adalah gaya yang membuat benda bergerak mengikuti lintasan berbentuk kurva atau gaya yang membuat benda untuk bergerak melingkar. Gaya ini bukan merupakan gaya fisis, atau gaya dalam arti sebenarnya, melainkan hanya suatu penamaan atau penggolongan jenis-jenis gaya yang berfungsi membuat benda bergerak melingkar. 

Bermacam-macam gaya fisis dapat digunakan sebagai gaya sentripetal, antara lain gaya gravitasi, elektrostatik, tegangan tali, gesekan dan lainnya. Istilah sentripetal berasal dari bahasa latin, yaitu centrum (pusat) dan petere (menuju arah), yang berarti menuju arah pusat lingkaran.

Gaya sentripetal selalu beraksi di sudut siku-siku pada gerak obyek, menuju ke suatu titik yang dikenal sebagai pusat kurva yang mendapat reaksi seketika. Gaya sentripetal mungkin disebabkan oleh gravitasi seperti pada kasus orbit, atau oleh tegangan sepanjang tali atau tongkat, misalnya, ketika sebuah obyek seperti bola diayunkan berputar mengelilingi kepala atlet loncat martil. Gaya-gaya yang terlibat bisa dihitung dari persamaan :
F = ma = mv²/r
Dimana
m adalah massa obyek
a adalah percepatan
v adalah percepatan
r adalah radius kurva

Persamaan ini bisa juga ditulis :
F = mrw²

Pengertian Gaya Sentrifugal
Dalam situasi seperti ini, Gaya Sentrifugal adalah gaya yang secara jelas mendorong atau menarik obyek dari pusat rotasi. Gaya ini mungkin adalah gaya riil yang dihasilkan sebagai reaksi terhadap gaya sentripetal, atau gaya gesek yang dihasilkan dari perubahan bingkai referensi.

Jadi gaya sentrifugal adalah lawan dari gaya sentripetal yang merupakan efek semu yang ditimbulkan ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar, sentrifugal berarti menjauhi pusat putaran.

Ketika sebuah benda atau partikel melakukan gerak melingkar, pada benda atau partikel tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Banyak sekali orang yang tergoda untuk menambahkan sebuah gaya yang arahnya menjauhi pusat lingakaran, dimana peran gaya ini adalah mengimbangi gaya sentripetal.

Besar gaya sentrifugal sama dengan besar gaya sentripetal, sedangkan arah gaya sentrifugal berlawanan dengan gaya sentripetal. Hal ini dimaksudkan agar benda yang melakukan gerak melingkar berada dalam keadaan setimbang. Gaya yang arahnya menjauhi pusat tersebut dinamakan gaya sentrifugal.
Gaya Sentripetal dan Sentrifugal Gaya Sentripetal dan Sentrifugal Reviewed by ryann mp on February 11, 2017 Rating: 5

No comments